PEMILIHAN NODE REBROADCAST UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PROTOKOL MULTICAST AODV (MAODV) PADA VANETS
DOI:
https://doi.org/10.12962/j24068535.v14i2.a572Abstract
MAODV merupakan routing protokol yang dapat digunakan pada VANETs. Setiap paket RREQ yang diterima node pada protokol MAODV dikirim secara broadcast. Proses ini dapat mengakibatkan flooding pada jaringan yang dapat mengakibatkan congestion. Selain itu, hal ini juga mengakibatkan routing overhead pada setiap node. Jumlah node yang melakukan broadcast dapat dikurangi dengan menentukan node tertentu yang dapat melakukan rebroadcast paket RREQ. Algoritma PGB digunakan untuk mengurangi jumlah node yang melakukan broadcast paket RREQ. Pemilihan node yang melakukan broadcast paket RREQ didasarkan pada signal strength. Protokol MAODV yang menggunakan algoritma PGB pada proses route discovery bertujuan untuk mengurangi jumlah node yang melakukan rebroadcast. Network Simulator 2 (NS-2) digunakan untuk menyimulasikan penggunaan protokol MAODV-PGB dan Simulation of Urban Mobility (SUMO) digunakan untuk menyimulasikan mobilitas kendaraan. Hasil pengujian pada protokol MAODV-PGB kemudian dibandingkan dengan protokol MAODV. Pengujian dilakukan dengan beberapa skenario untuk menguji kinerja protokol MAODV-PGB. Hasil uji coba yang dilakukan menunjukan peningkatan kinerja protokol MAODV-PGB yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai PDR, menurunnya average end-to-end delay, berkurangnya routing overhead dan mening-katnya goodput ratio. Oleh karena itu penggunaan protokol MAODV pada VANETs dapat mengurangi congestion yang diakibatkan oleh broadcast paket RREQ.
Downloads
References
[2] Hassan, A. ,Mohamed H. Ahmed, M.H dan Rahman,M.A (2011) “Performance Evaluation For Multicast Transmissions In Vanet “, IEEE CCECE, Vol. 978-1-4244-9789-8/11, hal 1106-1108.
[3] Muñoz, A.G.(2009), "Multicast over Vehicle Ad Hoc Networks"
[4] Naumov, V., Baumann, R. dan Gross,.T (2006), "An Evaluation of Inter-Vehicle Ad Hoc Networks Based on Realistic Vehicular Traces”, MobiHoc’06, Vol. 1-59593-368 9/06/0005.
[5] Kunz,T. dan Cheng,E.(2001), "Multicasting in Ad-Hoc Networks: Comparing MAODV and ODMRP" Proceedings of the Workshop on Ad hoc Communications
[6] Sabih ur Rehman,S. Khan,M.A. dan A. Zia,A. dan Zheng, L.(2013), “ Vehicular Ad-Hoc Networks (VANETs) - An Overview and Challenge”s, Journal of Wireless Networking and Communications 2013, Vol.3,No.3, Hal. 29-38.
[7] Sangari, M.S. dan Baskaran, K. (2014) , “A Comprehensive Survey on Efficient Routing Protocols And Simulation Tools For VANET”, International Journal of Computer Science and Information Technologies , Vol. 5 (3) , hal. 2729-2737.
[8] Yousefi,S., MIousavi,S.M dab Fathy,M.(2006), ”Vehicular Ad Hoc Networks (VANETs):Challenges and perspectives", IEEE, Vol. 0-7803-9586-7/06, Hal.761-766.
[9] NS-2. Tersedia: http://www.isi.edu/nsnam/ns/.
[10] SUMO. Tersedia: http://sumo.dlr.de/wiki/SUMO
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
License
All papers should be submitted electronically. All submitted manuscripts must be original work that is not under submission at another journal or under consideration for publication in another form, such as a monograph or chapter of a book. Authors of submitted papers are obligated not to submit their paper for publication elsewhere until an editorial decision is rendered on their submission. Further, authors of accepted papers are prohibited from publishing the results in other publications that appear before the paper is published in JUTI unless they receive approval for doing so from the Editor-in-Chief.
JUTI open access articles are distributed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. This license lets the audience to give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made and if they remix, transform, or build upon the material, they must distribute contributions under the same license as the original.