SIKLUS BISNIS PADA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Mudjahidin Mudjahidin

Abstract


Dalam sebuah bisnis, segala aktivitas dan transaksi yang dilakukan akan menghasilkan data, yang nantinya data tersebut perlu disimpan dan diolah sehingga menjadi informasi yang bermanfaat bagi manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Data yang paling penting dalam bisnis adalah data yang berkaitan dengan finansial. Untuk itu perlu kiranya dibuat Sistem Informasi Akuntansi yang berfungsi membantu organisasi untuk mengumpulan dan penyimpanan data tentang aktivitas yang dilakukan, mentrasformasi data kedalam informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan dan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian aktivitas, serta mampu menjaga aset organisasi, tarutama yang berkaitan dengan data, sehingga data dapat tersedia ketika dibutuhkan, serta menjadikan data lebih akurat dan dapat dipercaya yangdigunakan untuk menyimpan.

Selanjutnya pada makalah ini akan dijelaskan siklus bisnis yang ada pada Sistem Informasi Akuntansi yang terdiri dari lima siklus; Siklus Pendapatan, Siklus Pengeluaran, Siklus Produksi, Siklus Manajemen SDM /Penggajian, dan Sistem Buku Besar/Pelaporan.

Uraian yang diberikan berupa konsep Sistem Informasi Akuntansi secara umum yang ditunjukkan dalam Diagram Konteks pada Diagram Arus Data yang diambil dari referensi terkait dan catatan kuliah. Diupayakan pada kesempatan lain akan dijelaskan secara detail untuk masing-masing siklus bisnis pada Sistem Informasi Akuntansi.

Kata kunci: Siklus pendapatan, siklus pengeluaran, siklus produksi, siklus manajemen SDM/Penggajian dan sistem buku besar/laporan


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v3i2.a261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.