INTEGRASI ALGORITMA POHON KEPUTUSAN C4.5 YANG DIKEMBANGKAN KE DALAM OBJECT-RELATIONAL DBMS

Veronica S. Moertini, Benhard Sitohang, Oerip S. Santosa

Abstract


Integrasi teknik-teknik data mining ke dalam DBMS, khususnya Object-Relational DBMS (ORDBMS), masih merupakan bidang penelitian yang aktif. Isu utama pada integrasi ini adalah: peleburan algoritma data mining ke dalam ORDBMS dengan memanfaatkan fitur-fiturnya untuk memperbaiki kualitas teknik tersebut. Pada penelitian ini, algoritma klasifikasi C4.5 dikembangkan dengan pendekatan aljabar relasional dan diintegrasikan ke dalam ORDBMS sebagai prosedur-prosedur tersimpan Java dan berbasis SQL, dengan tujuan untuk meningkatkan skalabilitas dan efisiensinya. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa algoritma yang sudah diintegrasikan berhasil memperbaiki skalabilitas dan pada kasus khusus juga memperbaiki  efisiensi. 
 
Kata kunci: pengembangan algoritma C.5, integrasi C4.5 ke dalam Object-Relational DBMS, algoritma C4.5, perbaikan skalabilitas C4.5.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v6i2.a186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.