QUERY BUILDER PADA RDBMS ORACLE MENGGUNAKAN XML DAN ACTIVEX BERBASIS WEB

Darlis Heru Murti, Yudhi Purwananto, M. Rifqi Febrianto

Abstract


Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai pembuatan aplikasi pembangkit query berbasis web pada RDBMS Oracle 9i yang memiliki kemampuan untuk melakukan pembuatan query baik secara forward(diagram ke teks query) maupun reverse(teks query ke diagram) dengan menggunakan teknologi IIS, ISAPI Ekstension, activex dan XML sebagai data interchange.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah arsitektur dimana instalasi Oracle hanya dilakukan sekali, yaitu pada komputer server. Sedangkan komputer client tidak perlu diinstall, namun tetap harus terkoneksi pada server melalui jaringan LAN. Dengan teknologi maka semua perintah (syntax SQL) yang dibentuk pada server akan dikirm pada server untuk dieksekusi pada level database Dan record hasil dari eksekusi tersebut akan dikembalikan nilainya pada komputer client..

Uji coba dan evaluasi dilakukan dengan menggunakan 2 cara, yaitu uji coba kebenaran dalam membentuk syntax query dan uji coba kecepatan aplikasi yang sudah dikembangkan. Untuk uji coba kebenaran, aplikasi sudah bisa melakukan pembentukan syntax SQL baik secara forward maupun reverse namun hanya terbatas pada fungsi-fungsi standart pada ANSI SQL. Untuk uji coba kecepatan, menunjukkan bahwa kinerja perangkat lunak dipengaruhi 3 parameter yaitu jumlah tabel, jumlah kolom pada masing-masing tabel, dan jumlah record hasil eksekusi syntax SQL. Dimana peningkatan waktu yang dibutuhkan bersifat eksponensial.

Kata kunci :Pembangkit Query, IIS, ISAPI Extension, ActiveX, XML, Oracle 9i.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v3i1.a124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.