SELEKSI PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK) DENGAN FUZZY TOPSIS

Husnul Hakim, Alexius Reinaldo Budiman

Abstract


Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi. Berbeda dengan jalur lain yang menggunakan tes tertulis, jalur PMDK merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru tanpa melalui tes. Mahasiswa baru akan diseleksi dengan memperhatikan nilai rapor calon mahasiswa selama duduk di bangku SMA.

Pada penelitian ini, akan dikembangkan metode seleksi mahasiswa baru melalui jalur PMDK. Calon mahasiswa tidak hanya diseleksi berdasarkan nilai rapor, tetapi juga berdasarkan kualitas sekolah dan histori nilai mahasiswa yang berasal dari sekolah asal pendaftar PMDK. Ketiga parameter ini dapat saling bertentangan. Sebagai contoh, sekolah dengan kualitas yang baik dapat saja memiliki standar yang tinggi sehingga nilai rapor siswanya lebih rendah dari nilai rapor siswa yang berasal dari sekolah lain yang kualitasnya lebih rendah. Untuk itu, perlu digunakan metode pengambilan keputusan yang melibatkan banyak kriteria. Permasalahan pengambilan keputusan seperti ini dikenal dengan multicriteria decision making (MCDM).

Salah satu cara untuk pengambilan keputusan MCDM adalah dengan menggunakan Fuzzy TOPSIS. Pada penelitian ini, ketiga parameter yang menentukan diterima atau tidaknya calon mahasiswa akan diproses dengan menggunakan FUZZY TOPSIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa closeness coefficient yang dihasilkan melalui Fuzzy TOPSIS berkolerasi dengan nilai IPK mahasiswa yang diterima melalui jalur PMDK.

Kata kunci: Fuzzy TOPSIS, MCDM, PMDK


Full Text:

PDF

References


Kahraman, C. (2008). Fuzzy Multicriteria Decision Making Theory and Application with Recent Developments. Istanbul: Springer.

Junior, F. R. (2015, January). A comparison between Fuzzy AHP and Fuzzy TOPSIS methods to supplier selection. Applied Soft Computing, p. 545.

Hung T. Nguyen, E. A. (2006). A First Course in Fuzzy Logic. CRC Press.

Zimmermann, H.-J. (1996). Fuzzy Set Theory and Its Applications. London: Kluwer Academic Publishers.

Gourav Dwivedi, R. K. (2018). A generalised fuzzy TOPSIS with improved closeness coefficient. Expert Systems with Applications, 185-195.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v16i2.a732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.