APLIKASI PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI BATIK MADURA DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING DAN ANALISIS REGRESI LINIER

Erwin Prasetyowati

Abstract


Pada umumnya pengrajin batik di Pamekasan tidak menghitung secara rinci biaya-biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi, serta menetapkan harga jual berdasarkan harga yang berlaku di pasar, sehingga keuntungan bersih tidak dapat diketahui secara pasti. Berdasarkan permasalan tersebut penelitian ini difokuskan untuk mengurai pembiayaaan produksi batik melalui aktivitas-aktivitas produksi yang dilakukan secara rinci menggunakan metode Activity Based Costing (ABC), dimana metode ini terbukti memiliki tingkat keakurasian yang baik dalam menentukan HPP. Setiap aktivitas yang mengakibatkan biaya akan diakumulasikan untuk menentukan HPP. Untuk mendapatkan biaya bahan baku yang akurat, penelitian ini juga mempertimbangkan perubahan harga bahan baku di pasaran, dengan menggunakan peramalan harga melalui analisis Regresi Linier  mengingat perubahan harga bahan batik memiliki pola data trend. Hasil prediksi pada harga dengan Regresi Linier terhadap bahan baku dan bahan penolong batik meliputi kain, malam dan pewarna masing-masing sebesar Rp. 22.267,00; Rp 80.700,00 dan Rp. 21.300,00. Pada BOP, kelompok aktivitas pembuatan motif, pewarnaan serta pelorotan dan finishing dihitung berdasarkan jumlah warna yang digunakan, sehinggga cost driver yang digunakan adalah panjang kain (meter). Untuk kelompok aktivitas pemeliharaan dan pemasaran, cost driver yang digunakan masing-masing adalah Jam Kerja Langsung (JKL) dan jumlah produk (unit). Jumlah produksi Batik Cap 2 Warna adalah 140 unit, Batik Cap 3 Warna adalah 60 unit, Batik Tulis 2 Warna adalah 40 unit, serta Batik Tulis 3 Warna adalah 30 unit. Berdasarkan HPP per unit dan harga jual, maka total keuntungan terbesar terdapat pada Batik Cap 2 Warna sebanyak Rp. 2.452.100,00.


Full Text:

PDF

References


Erawati dan L. Syafitri, “Analisis Biaya Pokok Produksi Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Pada CV Harapan Inti Usaha Palembang”, Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi Ventura, Vol. 4, No. 2, 2014.

A. Handojo, C. Purnama dan E. E. Kristian, “ Aplikasi Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Peternakan Ayam Potong Panorama Dengan Metode Job Order Costing”, Seminar Nasional Informatika 2013, UPN Veteran Yogyakarta, 18 Mei 2013.

A.K.A. Ghofari, M. Anis dan T.M. Saleh, “Evaluasi Penentuan Harga Pokok Produksi Dan Perubahan Harga Bahan Baku Terhadap Keuntungan Pada Industri Batik X”, Seminar Nasional IENACO, Univ. Muhammadiyah Surakarta, 2015.

F.A. Tedjokumolo, R. Adipranata dan S. Rostianingsih, “Pembuatan Aplikasi Perhitungan Harga Pokok Produksi di PT. Arcon Perdana Globalindo, Jurnal Infra, Vol. 3, No. 1, Hal. 5-11, 2015.

R. Martusa dan S. Mariam, “Perbandingan Metode Konvensional Dengan Activity Based Costing Berdasarkan Akurasi Penentuan Overhead Dalam Perhitungan Cost of GoodsManufactured Pada PT Multi Rezekitama”, Jurnal Universitas Paramadina, Vol. 9, No. 1, Hal. 301-317, April 2012.

S. Mulyono, “Peramalan Bisnis dan Ekonometrika”, BPFE: Yogyakarta, 2000.

C. Susilawati dan FX. Anton, “Akuntansi Biaya, Penentuan dan Pengendalian Biaya Produk”, Grasindo: Jakarta, 2009.

C.A. Raiborn dan M.R. Kinney, “Akuntansi Biaya: Dasar Dan Perkembangan”, Edisi Ketujuh, Salemba Empat: Jakarta, 2011.

Hansen dan Mowen, ”Akuntansi Manajemen”, Buku 2, Edisi 7, Salemba Empat: Jakarta, 2006.

W.K. Carter, “Akuntansi Biaya”, Buku 1, Edisi 14, Salemba Empat: Jakarta, 2009.

Daljono, Akuntansi Biaya, Penentuan Harga Pokok dan Pengendalian”, Edisi 3, Cetakan Kedua, BP Undip: Semarang, 2011.

C.T Horngren, “Akuntansi Biaya”, Jilid 1, Edisi 12, Erlangga: Jakarta, 2012.

Armanto Witjaksono, “Akuntansi Biaya”, Graha Ilmu: Yogyakarta, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v16i1.a690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.