SISTEM REKOMENDASI LAGU BERDASARKAN JENIS SUARA PENYANYI PADA APLIKASI KARAOKE

Adhatus Solichah Ahmadiyah, Dwi Sunaryono, Bambang Dwi Prasetyo Ramadhan

Abstract


Karaoke merupakan salah satu hiburan yang populer sebagai sarana refreshing. Dalam perkembangannya, karaoke pun telah banyak hadir dalam bentuk aplikasi. Namun, permasalahan yang sering muncul pada saat bernyanyi karaoke adalah ada kalanya nada pada lagu yang dinyanyikan terlalu tinggi atau terlalu rendah dari suara penyamyi sehingga menimbulkan suara sumbang (fals). Permasalahan ini muncul karena banyak orang yang belum mengetahui jenis suara yang dimilikinya. Namun aplikasi karaoke yang ada saat ini, belum ada yang mengakomodasi permasalahan tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, pada penelitian ini diusulkan solusi berupa aplikasi karaoke yang dapat mendeteksi jenis suara pengguna dan memberikan rekomendasi lagu yang sesuai dengan jenis suara pengguna tersebut.

 Proses pertama yang dilakukan adalah pengolahan suara pengguna, kemudian dilakukan analisis frekuensi pada suara tersebut. Frekuensi yang didapat selanjutnya dipetakan ke dalam rentang nada pada jenis suara untuk menentukan jenis suara penyanyi. Selanjutnya, sistem menampilkan daftar rekomendasi lagu yang sesuai dengan jenis suara pengguna tersebut.

Berdasarkan eksperimen yang dilakukan, aplikasi yang diusulkan berhasil melakukan pendeteksian jenis suara dan memberikan rekomendasi lagu yang sesuai dengan jenis suara pengguna.

Full Text:

PDF

References


Toru Mitsui dan Shuhei Hosokawa. Karaoke Around the World: Global Technology, Local Singing. Routledge:1998

http://www.multimed.org/singing/

S. Marcin dan . H. Wladyslaw, “A Practical Approach to the Chord Analysis in the Acoustical Recognition Process,” dalam Computational Intelligence for Modelling and Prediction, vol. II, Berlin, Springer Berlin Heidelberg, 2005, p. 221–231.

Berg RE, Stork DG (1995) The Physics of Sound. Prentice-Hall Inc., New Jersey

Shewan, Robert (January/February 1979). "Voice Classification: An Examination of Methodology". The NATS Bulletin 35: 17–27.

T. Ken, “Ken Tamplin Vocal Academy,” [Online]. Available: http://kentamplinvocalacademy.com/determining-singing-range-and-voice-type/.

M. Heath, “Autotune.NET,” Channel9, 5 January 2011. [Online]. Available: channel9.msdn.com/coding4fun/articles/AutotuneNET.

S. Marcin dan . H. Wladyslaw, “A Practical Approach to the Chord Analysis in the Acoustical Recognition Process,” dalam Computational Intelligence for Modelling and Prediction, vol. II, Berlin, Springer Berlin Heidelberg, 2005, p. 221–231.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v15i2.a675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.