ANALISIS KAIDAH ASOSIASI ANTAR ITEM DALAM TRANSAKSI PEMBELIAN MENGGUNAKAN DATA MINING DENGAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: MINIMARKET GUN BANDUNGAN, JAWA TENGAH)

Adyawangkara Katon Prasidya, Charitas Fibriani

Abstract


Data-data transaksi pembelian di minimarket yang selama ini hanya disimpan sebagai arsip dapat dimanfaatkan untuk menjawab masalah pengadaan stok barang, penentuan strategi promosi, dan penataan barang. Solusi pemecahan masalah-masalah tersebut dapat diperoleh menggunakan algoritma apriori, yang dapat digunakan untuk membantu menemukan kaidah asosiasi dalam pembelian item di minimarket. Informasi mengenai kaidah asosiasi dalam transaksi pembelian konsumen dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengadaan stok barang yang lebih tepat guna dengan melakukan pengadaan stok barang yang berimbang pada item-item yang sering dibeli secara bersamaan, membuat strategi promosi yang lebih potensial untuk mendongkrak penjualan dengan mengacu pada kombinasi item yang sering dibeli secara bersamaan, dan menata barang di minimarket dengan berorientasi pada item-item yang sering dibeli secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan menemukan kaidah asosiasi dalam pembelian item-item di minimarket untuk memecahkan masalah pengadaan stok barang, penentuan strategi promosi, dan penataan barang di minimarket.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v15i2.a629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.