PEMBUATAN MODEL SEQUENCE DIAGRAM DENGAN REVERSE ENGINEERING APLIKASI BASIS DATA PADA SMARTPHONE UNTUK MENJAGA KONSISTENSI DESAIN PERANGKAT LUNAK

Indra Kharisma Raharjana, Army Justitia

Abstract


Konsistensi desain sequence diagram dengan implementasi sering menjadi masalah dalam pembangunan perangkat lunak, penelitian ini akan menerapkan hasil reverse engineering sequence diagram dari aplikasi yang telah ada sebagai model dasar untuk membangun perangkat lunak sehingga konsistensi desain sequence diagram bisa dijaga. Dalam penelitian ini model sequence diagram tersebut dibangun dengan cara mengklasifikasikan interaksi antara pengguna dengan perangkat lunak di aplikasi basis data pada smartphone. Untuk membuat model UML Sequence Diagram, langkah pertama adalah memilih dataset berupa source code aplikasi contoh di Blackberry 10 dan kemudian memahami fungsional aplikasi tersebut. Langkah selanjutnya adalah melakukan reverse engineering dari source code tersebut berdasarkan fitur yang telah didefinisikan sebelumnya. Lalu dilakukan pembangunan model UML sequence diagram berdasarkan kesamaan dan pengelompokan pola pada hasil reverse engineering. Langkah terakhir adalah melakukan evaluasi terhadap model UML sequence diagram dengan cara menggunakannya pada pembangunan aplikasi baru, mengukur tingkat konsistensi desain sequence diagram serta mengambil pengetahunan dari penerapan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian, model sequence diagram yang didapatkan dari proses reverse engineering bisa menjaga konsistensi antara desain sequence diagram dengan implementasi pada pembangunan perangkat lunak.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v13i2.a482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.