PERPADUAN COMBINED SAMPLING DAN ENSEMBLE OF SUPPORT VECTOR MACHINE (ENSVM) UNTUK MENANGANI KASUS CHURN PREDICTION PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI

Fernandy Marbun, Abdurahman Baizal, Moch Arif Bijaksana

Abstract


Churn prediction adalah suatu cara untuk memprediksi pelanggan yang berpotensial untuk churn. Data mining khususnya klasifikasi tampaknya dapat menjadi alternatif solusi dalam membuat model churn prediction yang akurat. Namun hasil klasifikasi menjadi tidak akurat disebabkan karena data churn bersifat imbalance. Kelas data menjadi tidak stabil karena data akan lebih condong ke bagian data yang memiliki komposisi data yang lebih besar. Salah satu cara untuk menangani permasalahan ini adalah dengan memodifikasi dataset yang digunakan atau yang lebih dikenal dengan metode resampling. Teknik resampling ini meliputi over-sampling, under-sampling, dan combined-sampling. Metode Ensemble of SVM (EnSVM) diharapkan dapat meminimalisir kesalahan klasifikasi kelas mayor dan minor yang dihasilkan oleh classifier SVM tunggal. Dalam penelitian ini akan dicoba untuk memadukan combined sampling dan EnSVM untuk churn predicition. Pengujian dilakukan dengan membandingkan hasil klasifikasi CombinedSampling-EnSVM dengan SMOTE-SVM (perpaduan oversamping-SVM) dan pure-SVM. Hasil pengujian menunjukkan bahwa metode CombinedSampling-EnSVM secara umum hanya mampu menghasilkan performansi Gini Index yang lebih baik daripada metode SMOTE-SVM dan tanpa resampling (pure-SVM).

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v8i2.a316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.