PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN SUB BAGIAN PERBENDAHARAAN, STUDI KASUS PEMERINTAH KABUPATEN MALANG

Bilqis Amaliah, Khakim Ghozali, Tri Agung Wahyu Handrian

Abstract


Masalah keuangan merupakan hal yang cukup vital, terlebih dalam sebuah sistem pemerintahan. Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi manajemen keuangan yang dapat meminimalisasikan atau bahkan menghilangkan kesalahan-kesalahan yang mungkin dapat terjadi.

Dalam penelitian ini dibuat suatu aplikasi yang menyediakan sarana untuk pencatatan kegiatan keuangan pada Sub Bagian Perbendaharaan Pemerintah Kabupaten Malang, mulai dari penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM) sampai pelaporan keadaan posisi kas keuangan yang dimiliki oleh Kas Daerah. Bentuk dan format pelaporan yang dihasilkan Sistem Informasi Manajemen Keuangan ini mengacu pada Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 29 tahun 2002 tentang: Pedoman Pengurusan, Pertanggungjawaban Dan Pengawasan Keuangan Daerah Serta Tata Cara Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah, Pelaksanaan Tata Usaha Keuangan Daerah Dan Penyusunan Perhitungan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah.

Sistem informasi ini menyatu dengan Sistem Informasi Manajemen Keuangan sub bagian yang lain (Anggaran, Verifikasi, dan Pembukuan) baik yang telah ada maupun yang akan dikembangkan, sehingga proses yang terjadi pada sistem ini terintegrasi antara satu dengan yang lain. Sistem ini dibuat menggantikan sistem yang telah ada dan berjalan sebelumnya di Bagian Keuangan Pemerintah Kabupaten Malang yang dilakukan secara semi manual/ belum terkomputerisasi dengan baik serta tidak terintegrasi dengan proses/ aktivitas yang dilakukan oleh sub bagian yang lain.

Dengan menjadikan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan Sub Bagian Perbendaharaan ini berbasis web maka informasi dapat lebih mudah diakses dimana saja pada brower jaringan online. Sistem informasi ini dibangun dengan menggunakan database Oracle9i dan bahasa pemrograman web Active Server Pages (ASP). Sistem informasi yang dibuat diujicoba secara fungsional, dimana sampel data yang digunakan diambil dari Sub Bagian Perbendaharan Pemerintah Kabupaten Malang. Sistem informasi ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mengelola manajemen keuangan di lingkungan studi kasus.

Kata kunci : Sistem Informasi Manajemen, Keuangan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v2i2.a289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.