ANTARA: TESAURUS MULTIBAHASA BERBASIS KOMPONEN

Siti Rochimah, Alexander L. Romy

Abstract


Tesaurus merupakan kosakata yang terkontrol yang telah banyak dipakai untuk pengindeksan dan pemahaman kata-kata. Pemakaian tesaurus memerlukan kelengkapan dan kecepatan oleh karena itu banyak dibuat program tesaurus versi offline dan online. Tugas akhir ini bertujuan membangun program tesaurus multibahasa manual yang lengkap terutama dalam hal pemasukan elemen-elemen tesaurus yang telah menjadi standard dalam pembangunan tesaurus yang bernama AntarA. Pembangunan tesaurus akan difokuskan pada arsitektur agar dapat dibuat pemisahan antara komponen utama dan bagian antar muka. Hal lain yang ikut diperhitungkan adalah menyangkut kegunaan ulang (reusability) dari komponen yang dibuat dan kecepatan akses pengguna dalam berbagai proses yang dilakukan program.

Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan mempelajari dan merancang basis data yang mendukung elemen-elemen tesaurus yaitu term, relasi, definisi dan presentasi. Selanjutnya dikembangkan tiga modul utama yaitu modul pencarian, modul editor dan modul manajer basis data. Modul pencarian berfungsi untuk mempresentasikan tesaurus dengan bermacam-macam tipe tampilan, modul editor berfungsi untuk modifikasi term, relasi dan definisi, sedangkan modul manajer basis data dibuat dalam bentuk komponen. Untuk pengisian data awal, dipakai data dari tesaurus UNESCO. Secara keseluruhan AntarA diimplementasikan dalam lingkungan Visual Studio .NET dengan sistem operasi Windows XP.

Aplikasi telah diuji coba pada sistem sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan berdasarkan skenario yang dirancang sendiri untuk setiap modul AntarA. Hasil uji coba menunjukkan bahwa AntarA dapat diimplementasikan dengan baik, dengan demikian AntarA dapat dipakai sebagai tesaurus multibahasa digital.

Kata Kunci: tesaurus, tesaurus multibahasa, tesaurus digital, presentasi tesaurus, komponen, relasi kata, relasi term, bahasa, kamus


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v3i2.a265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.