DETEKSI DAN KOREKSI KESALAHAN INFORMASI DALAM SANDI BINER DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAMMING

Wiwik Anggraeni

Abstract


Seiring semakin berkembangnya teknologi komunikasi semakin meningkat pula pelayanan dibidang informasi yang menuntut penyampaian informasi yang lebih sempurna. Kesempurnaan suatu informasi bisa meliputi kecepatan pengiriman, tidak adanya informasi yang hilang atau rusak, pengamanan, dan lain sebagainya.

Dalam pengiriman informasi kadang-kadang sering terjadi kesalahan informasi yang diterima dari pengirim informasi itu sendiri. Kesalahan itu dapat diakibatkan oleh gangguan dari media transmisinya ataupun faktor-faktor lain. Perangkat komunikasi data dituntut mampu menangani masalah tersebut. Salah satu kemampuan yang diharapkan dari perangkat komunikasi data adalah dapat melakukan deteksi atau koreksi kesalahn informasi.

Salah satu metode yang sering digunakan untuk mendeteksi kesalahan adalah metode hamming. Metode hamming tersebut tidak hanya mampu untuk mendeteksi kesalahan saja akan tetapi mempunyai kemampuan juga untuk mengoreksi kesalahan informasi secara otomatis tanpa harus mengirimkan informasi itu kembali.

Kata kunci : Metode Hamming, deteksi kesalahan informasi, koreksi kesalahan informasi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v3i2.a262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.