SISTEM QUERY PADA DOKUMEN XML DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA SQL

Febriliyan Samopa, Darlis Heru Murti, Okhi Oktanio

Abstract


Teknologi XML merupakan teknologi baru yang sangat berguna untuk pertukaran data melalui media apapun dan sistem operasi apapun. Dengan XML, pertukaran data menjadi sangat aman dan mudah untuk dikirimkan dan diambil. Kesemuanya ini dikarenakan bentuk XML yang berupa teks, sehingga memungkinkan untuk dikirim melalui HTTP. Teknologi XML sebenarnya sudah lama diperkenalkan kepada masyarakat, tetapi penggunaannya masih jarang karena sulitnya mengolah data XML.

Kesulitan-kesulitan yang dialami oleh seseorang dalam mengolah dokumen XML yang mereka miliki yaitu mereka harus mempelajari XMLDOM, Xpath, XML Schema dan DTD selain XML itu sendiri. Meskipun semua hal yang tersebut di atas sudah dipelajari, masih ada kesulitan yang lain, yaitu lamanya penelusuran data sebuah XML. Penelusuran data sebuah XML membutuhkan waktu lama karena untuk mendapatkan data tertentu dari sebuah dokumen XML, diperlukan penelusuran satu persatu dari node-node yang dimiliki dokumen XML, sampai menemukan node yang diinginkan.

Pada penelitian ini dikembangkan suatu komponen yang menyerupai class yang terdapat pada ADO. Penggunaan class-class ini akan mempermudah dalam melakukan query, atau manipulasi terhadap dokumen XML, tanpa harus mempelajari terlalu dalam hal-hal yang berhubungan dengan XML. Dengan menggunakan komponen ini, diharapkan seorang pengguna dapat lebih memfokuskan diri pada pengolahan data, tanpa harus mempelajari hal yang baru untuk menerapkan teknologi XML ini.

Dengan menggunakan ekspresi regular dan aturan-aturan tambahan, maka perintah-perintah SQL dirubah menjadi Xpath, dan digunakan untuk mengolah dokumen-dokumen XML. Jika perintah yang didapat adalah perintah untuk memanipulasi sebuah dokumen, maka pada akhir proses akan dilakukan validasi dengan menggunakan dokumen validator dari dokumen XML yang berinteraksi.  Jika hasil validasi menunjukkan bahwa dokumen tersebut adalah valid, maka dokumen tersebut disimpan. Sebaliknya jika hasil validasi dokumen menunjukkan bahwa dokumen tidak valid, maka dokumen XML tersebut tidak mengalami perubahan.

 

Kata kunci : XML, XML DOM, Xpath, XML Schema, DTD, ADO

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v4i2.a257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.