IMPLEMENTASI PERSONAL PREFERENCE PADA SISTEM SHARE-IT BERBASIS PADA PLATFORM UNIX

Ary Mazharuddin Shidiqy, Agus Purwono, Yudhi Purwananto

Abstract


Arsitektur UPnP memungkinkan suatu aplikasi ataupun device untuk dapat terhubung ke dalam suatu jaringan dan berkomunikasi dengan aplikasi ataupun device lain di  dalam jaringan tersebut tanpa perlu adanya konfigurasi (zero configuration) serta meniadakan batas-batas sistem operasi ataupun bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat aplikasi tersebut. Dengan sifatnya yang universal tersebut, UPnP semakin banyak dikembangkan serta dipergunakan. Membuka kemungkinan untuk terciptanya babak baru di dalam interaksi manusia dan komputer.

Sistem Share-It adalah aplikasi yang menerapkan arsitektur UPnP (Universal Plug and Play) untuk berbagi content dengan aplikasi lain yang sejenis. Content yang dimaksud di sini adalah file mp3. Sistem Share-It terdiri dari Server Device dan Client Device. Server Device berfungsi untuk menyediakan content, sedangkan Client Device mempunyai fungsi sebagai player yang dapat memainkan content file serta juga menyediakan content untuk dapat berbagi pakai dengan Client Device yang lain.

Dalam pengerjaan Tugas Akhir ini akan dikembangkan dan diimplementasikan Personal Preference pada sistem Share-It. Personal Preference itu sendiri mempunyai tujuan untuk memilihkan content file yang tersedia di jaringan sesuai dengan preference (pilihan) dari user. Pilihan (preference) tersebut berdasarkan dari kebiasaan user tergantung dari kondisi lingkungan sekitar device.

 

Kata kunci : UPnP, Share-It, Personal Preference.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v4i2.a256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.