PROTOTYPE SISTEM MONITORING RUMAH MENGGUNAKAN WEBCAM

Muchammad Husni, Royyana Muslim Ijtihadie, Januar Bisaptanto

Abstract


Saat ini  internet merupakan produk teknologi yang berkembang pesat dan menjadi dasar terhadap munculnya berbagai macam teknologi dan peralatan multimedia. Salah satunya adalah SMS gateway dan Webcam. SMS gateway, produk yag didukung oleh teknologi mobile phone ini berfungsi untuk berkomunikasi antara komputer dengan telepon selular. Sedangkan Webcam adalah salah satu produk teknologi multimedia untuk pengambilan gambar dan video.

Penelitian ini mencoba mengimplementasikan sebuah sistem untuk memonitor rumah dari jauh dengan mengintegerasikan teknologi SMS Gateway, Webcam dan Dial Up Networking untuk menunjang  fitur sistem. Teknis secara global sistem adalah sebagai berikut: Sistem diaktifkan menggunakan SMS. Aktifasi yang dimaksud adalah dial up komputer server ke internet. Output aktifasi adalah alamat IP yang dikirimkan kembali ke user. Informasi alamat IP inilah yang digunakan komputer client untuk memulai viewing gambar dari webcam.

Sistem yang dibuat dalam penelitian ini dapat melakukan viewing kondisi rumah dari tempat lain melalui internet. Koneksi ke internet komputer server dapat dikontrol menggunakan SMS sehingga mengefisienkan penggunaan internet pada sistem.

 

Kata Kunci : Webcam, Winsock, Dial Up Networking  dan SMS Gateway.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v4i2.a253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.