ANALISA DAMPAK EKONOMIS RENCANA PEMBANGUNAN JARINGAN VOIP PADA PERUSAHAAN JASA INTERNET

Moh. Noor Al Azam, A. Holil Noor Ali

Abstract


Meskipun secara umum penggunaan teknologi VoIP lebih murah daripada tarif telepon di Indonesia, namun tidak semua perusahaan bisa menggunakan teknologi ini untuk melakukan penghematan. Oleh karenanya analisa ekonomis mutlak diperlukan. Sayangnya analisa ekonomis secara sederhana sudah tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan pengambil keputusan atas rencana investasi Teknologi Informasi (TI). Hal ini dikarenakan dalam suatu proyek TI keuntungan yang bersifat intangible seringkali lebih dominan daripada yang bersifat tangible.

Karena itulah dalam analisa dampak ekonomis pada penelitian ini akan digunakan metode Information Economics (IE) yang dikembangkan oleh Marylin M. Parker. Metodologi IE ini memperhitungkan seluruh aspek ekonomis suatu proyek, yaitu aspek dalam domain bisnis dan domain teknologi.

Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah skor untuk rencana pembangunan jaringan VoIP bagi perusahaan jasa internet adalah sebesar 60,14. Sedangkan skor resiko dan ketidakpastiannya sebesar -6,14.

 

Kata Kunci: Information Economics, Analisa Biaya Manfaat, Domain Bisnis, Domain Teknologi


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v4i2.a250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.