PERANCANGAN SKENARIO KEBIJAKAN PERENCANAAN KAPASITAS TERPASANG PADA INDUSTRI SEMEN DENGAN BERBASIS MODEL SISTEM DINAMIK

Erma Suryani

Abstract


Semen merupakan produk strategis bagi setiap negara terutama bagi negara-negara yang sedang membangunan karena perannya yang sangat vital sebagai komponen penunjang dalam pembangunan perumahan, gedung-gedung, sarana transportasi, dan konstruksi fisik lainnya. Hal ini menyebabkan permintaan akan semen dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur dalam pelaksanaan pembangunan pada suatu negara.

Sejalan dengan meningkatnya industri semen yang sangat besar pada tahun 2000 tidak didukung oleh kemampuan daya serap di pasar. Turunnya kemampuan pasar terjadi sejak krisis ekonomi pada tahun 1997 yang mempengaruhi sektor pembangunan sehingga berpengaruh langsung terhadap permintaan semen, hal ini terlihat dari turunnya permintaan semen yang sangat tajam dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pada makalah ini digunakan model sistem dinamik sebagai penghampiran permasalahan secara menyeluruh sehingga diperoleh beberapa skenario kebijakan yang dapat memberikan beberapa alternatif kebijakan yang dapat membantu pembuat keputusan dalam merencanakan produksi berdasarkan kebutuhan dan perencanaan kapasitas terpasang.

 

Kata Kunci: Sistem, Model, Simulasi, Skenario, Validasi, Permintaan, Kapasitas Terpasang  


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v4i2.a249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.