PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERDASARKAN KURIKULUM DAN SISTEM PENGUJIAN BERBASIS KOMPETENSI YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN APLIKASI MONITORING SISWA BERBASIS J2ME

Arif Bramantoro, Yudhi Purwananto, Deni Hendrawan

Abstract


Sejak tahun ajaran 2002/2003, di Indonesia diberlakukan kurikulum baru sebagai pengganti kurikulum 1994 yang disebut dengan nama Kurikulum dan Sistem Pengujian Berbasis Kompetensi. Sebagai awalnya kurikulum ini dilaksanakan secara terbatas di 40 sekolah di seluruh Indonesia, salah satunya adalah SMUN 1 Gresik. Implikasi penerapan pendidikan berbasis kompetensi adalah sistem pengujian berbasis kemampuan dasar dimana kemampuan dasar merupakan bentuk minimum dalam mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa. Selain itu, pengembangan sistem pengujian hasil kegiatan pembelajaran berbasis kompetensi ini bersifat hirarkis, secara berurutan yaitu : mata pelajaran, standar kompetensi, kemampuan dasar, jenis ujian dan indikator.          

                Dengan tingkat penilaian yang cukup rumit ini, maka dibuat perangkat lunak guna membantu proses akademik di sekolah. Proses pembuatan perangkat lunak ini didahului dengan studi literature dan pengumpulan data  di sekolah, dilanjutkan dengan perancangan sistem. Dari hasil perancangan inilah maka bisa dibuat suatu aplikasi perangkat lunak untuk kemudian dilakukan uji coba dan evaluasi guna mengetahui kehandalan dan unjuk kerja dari aplikasi yang telah dibuat.

                Setelah melalui serangkaian uji coba, ternyata aplikasi yang dibuat bisa dan mampu menjawab persoalan yang ada, terutama sekali yang berkaitan dengan proses penilaian dalam kegiatan akademik yang sedang berlangsung. Selain itu dengan aplikasi mobile yang juga dibuat, sangat memudahkan orang tua siswa dalam memantau perkembangan akademik putra-putrinya.

 

Kata kunci : aplikasi mobile


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v4i1.a248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.