PERANCANGAN DAN PEMBUATAN CASE TOOL SOFTWARE TESTING MENGGUNAKAN METODE STATIC DATA FLOW ANALYSIS (STUDI KASUS POGRAM BERBASIS C++)

Yudhi Purwananto, Arif Bramantoro, Luluk Harini

Abstract


Penentuan kualitas atau mutu suatu perangkat lunak mutlak diperlukan. Kualitas suatu perangkat lunak dapat dinyatakan baik bila telah sesuai dengan requirement pengguna tanpa mengabaikan  segi strukturalnya. Dengan tidak mengabaikan fungsional program, uji coba struktural juga harus dilakukan karena uji coba fungsional tak mampu menangani hal-hal yang berhubungan dengan struktural program.. Uji coba fungsional tidak dapat menentukan apakah suatu bagian program telah dieksekusi atau tidak. Dengan demikian, program yang tidak dieksekusi selama pengujian akan tersembunyi dalam package program dan bila didalamnya terdapat kesalahan maka kesalahan tersebut akan tersembunyi dalam jangka waktu tertentu. Data flow analysis adalah suatu metode yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dalam program tanpa mengeksekusi program yang diuji coba. Metode ini merupakan bagian dari metode pengujian secara structural yang sangat efektif untuk menemukan kesalahan yang berupa data flow anomaly dengan cara memeriksa kode program. Dengan metode ini, seluruh pernyataan program yang diuji coba akan dianalisa.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan. Yang dilakukan pertama kali adalah melakukan parsing terhadap file input untuk dijadikan file teks dengan format tertentu yang sudah terpisah menjadi token yang dapat berdiri sendiri. Selanjutnya akan diambil daftar nama fungsi dalam program untuk dijadikan input fungsi. Selanjutnya isi fungsi input akan direpresentasikan menjadi sebuah graph. Dari graph inilah dapat dicari keberadaan data flow anomaly dalam fungsi dan dibuat visualisasi aliran program dalam suatu control flow graph. Tahap terakhir yang dilakukan adalah uji coba dan evaluasi.

Dari uji coba dan evaluasi yang dilakukan pada berbagai macam jenis fungsi, baik fungsi sederhana yang hanya melibatkan pernyataan-pernyataan sekuensial, fungsi yang melibatkan percabangan, perulangan maupun fungsi yang melibatkan pemanggilan terhadap fungsi lain didapatkan data flow anomaly maupun control flow graph dengan benar.

 

Kata Kunci : uji coba fungsional, uji coba struktural,data flow anomaly, control flow graph(CFG).


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v4i1.a247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.