RANCANG BANGUN PERANGKAT LUNAK MANAJEMEN DATABASE SQL SERVER BERBASIS WEB

Muchammad Husni, Nunut Priyo Jatmiko, Arief Prasetyo

Abstract


Microsoft SQL Server merupakan aplikasi desktop database server yang bersifat client/server, karena memiliki komponen client, yang  berfungsi menampilkan dan memanipulasi data; serta komponen server yang berfungsi menyimpan, memanggil, dan mengamankan database. Operasi-operasi manajemen semua server database dalam jaringan dilakukan administrator database dengan menggunakan tool administratif utama SQL Server yang bernama Enterprise Manager. Hal ini mengakibatkan administrator database hanya bisa  melakukan operasi-operasi tersebut di komputer yang telah diinstalasi Microsoft SQL Server.

Pada penelitian ini, dirancang suatu aplikasi berbasis web dengan menggunakan ASP.Net untuk melakukan pengaturan database server. Aplikasi ini menggunakan ADO.NET yang memanfaatkan Transact-SQL dan stored procedure pada server untuk melakukan operasi-operasi manajemen database pada suatu server database SQL, dan menampilkannya ke dalam web.

Administrator database bisa menjalankan aplikasi berbasis web tersebut dari komputer mana saja pada jaringan dan melakukan koneksi ke server database SQL dengan menggunakan web browser. Dengan demikian memudahkan administrator melakukan tugasnya tanpa harus menggunakan komputer server.

 

Kata Kunci : Transact-SQL, ASP.Net, ADO.NET, SQL Server


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v4i1.a244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.