APLIKASI JARINGAN SYARAF TIRUAN UNTUK PERAMALAN PERMINTAAN BARANG

Wiwik Anggraeni

Abstract


Perhitungan  jumlah  barang yang harus di produksi oleh suatu perusahaan menjadi suatu hal yang sangat penting. Hal ini disebabkan oleh banyaknya akibat yang harus ditanggung oleh perusahaan dalam rangka menangani barang-barang hasil produksi tersebut, baikitu  akibat dari segi ekonomi mapun social. Oleh karena itu, peramalan jumlah permintaan pada beberapa periode waktu ke depan perlu dilakukan untuk menghindari jumlah produksi barang yang berlebihan.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk peramalan adalah Jaringan Syaraf Tiruan atau biasa disebut dengan Arificial Neural Networks dengan menggunakan algoritma backpropagation. Terhadap dataset input akan dilakukan pelatihan untuk mendapatkan bobot pada masing-masing layer sehingga didapatkan suatu nilai output. Kemudian otput tersebut akan dibandingkan dengan data tes yang diberikan dan apabila error masih besar akan dilakukan pelatihan balik dan begitu seterusnya sampai didapatkan bobot yang sesuai.
Aplikasi telah diuji coba pada system sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa algoritma dapat diimplementasikan dengan baik dan didapatkan hasil peramalan yang mendekati data aslinya.

Kata kunci : Backpropagation, Jaringan Syaraf Tiruan, Peramalan, Permintaan produksi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v5i2.a234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.