PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS AGRIBISNIS BERBASIS WEB STUDI KASUS WILAYAH KABUPATEN JOMBANG

Khakim Ghozali, Faisal Johan, Eka Anis Rhofita

Abstract


Pembangunan Sistem Agribisnis sangat menunjang sebagai strategi pembangunan ekonomi pedesaan. Kabupaten Jombang memiliki potensi agribisnis yang dapat dikembangkan secara luas. Namun demikian pengembangan atas beberapa komoditi agribisnis di daerah ini belum menunjukkan adanya koordinasi yang harmonis antar petani dengan investor dan pemerintah sebagai pemonitor dan pengevaluasi. Dan juga dipengaruhi oleh kondisi lahan yang terbatas dan kemampuan lahan tidak merata berdasarkan letak geografis dan topografinya, yang masing-masing sangat mempengaruhi produktifitas tanaman. Perencanaan dan pengambilan keputusan yang tepat harus dilandasi oleh data dan informasi yang akurat tentang kondisi lahan. Karena itu semua faktor yang mempengaruhi sistem informasi agribisnis termasuk faktor pendukung dan pembatas, dipikirkan sejak awal dan dituangkan dalam sebuah produk database dan peta pembangunan pertanian agribisnis.

Dalam makalah ini dibahas suatu sistem informasi agribisnis yang mampu digunakan untuk untuk mendapatkan model, informasi dan gambaran keruangan tentang komoditas jagung dan kedelai di wilayah kabupaten jombang secara cepat dan akurat. Memberikan info jadwal tanam, info jadwal pemupukan, dan info jadwal pemanenan. Dengan menggunakan software yang mendukung SIG, mapinfo,mapXtreme, dan script pemrograman ASP serta menggunakan database Oracle 9i Release 2 untuk menyimpan data atribut.

Dari hasil makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi produktifitas pertanian dan peningkatan pendapatan daerah Jombang

Kata Kunci : agribisnis, sistem informasi geografis, potensi lahan, mapXtreme


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v5i1.a205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.