PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK TRACKING ARMADA TRANSPORTASI LOGISTIK DENGAN MEMANFAATKAN BASE TRANSCEIVER STATION DAN PERALATAN HANDPHONE

Khakim Ghozali, Fajar Baskoro, Keke Mulia Rahmawati

Abstract


Telepon Seluler (Ponsel) merupakan salah satu teknologi yang paling diminati di dalam setiap aspek kehidupan manusia modern dan juga teknologi paling berkembang saat ini. Hampir setiap orang menggunakan teknologi ponsel ini untuk memperoleh informasi terkini yang dibutuhkannya. Tingkat penggunaan yang cukup tinggi inilah yang mendorong terciptanya beragam aplikasi dengan memanfaatkan teknologi ini. Aplikasi tracking armada yang memanfaatkan kemudahan teknologi ponsel tersebut menjadi alternatif tersendiri yang diharapkan mampu memberikan solusi di dalam permasalahan proses monitoring armada. Konsep bisnis yang ditawarkan adalah pemanfaatan layanan provider seluler sebagai sarana pelacak lokasi ponsel yang selanjutnya informasi tersebut dikembangkan lebih lanjut menjadi informasi berupa pemetaan data ke peta lokasi untuk melacak keberadaan armada. Sehingga diharapkan kehadiran solusi baru ini mampu memberikan sejumlah kemudahan dan efisiensi yang tidak dimiliki oleh alat lain.

Kata Kunci : Perusahaan Logistik,Tracking Armada via BTS, SMS, Peta Lokasi.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v5i1.a200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.