APLIKASI PENENTUAN PEMBERIAN PEMBIAYAAN PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH

Joko Lianto Buliali, Wahyudi Agustiono

Abstract


Bank Syari’ah X sebagai salah satu institusi keuangan yang bergerak dalam usaha pelayanan bidang keuangan dengan berbasis syariah Islam memiliki salah satu produk berupa pembiayaan. Calon debitur yang akan mengajukan harus melalui seleksi kuantitatif dan kualitatif. Seleksi ini memakan waktu yang relatif lama karena hasil seleksi harus memiliki akurasi dan mencerminkan kondisi calon debitur sesungguhnya. Sementara manajemen Bank Syari’ah X berusaha memberikan pelayanan pembiayaan tersebut secara cepat, tepat dan akurat, agar proses penyaluran pembiayaan tepat dan tidak mengalami kemacetan.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan rancangan dan aplikasi menggunakan XpertRule yang dapat melakukan analisis kuantitatif dan kualitatif untuk menghasilkan informasi kondisi calon debitur. Informasi tersebut dapat digunakan oleh manajer pembiayaan sebagai pendukung keputusan dalam menentukan pemberian pembiayaan kepada calon debitur. Aplikasi ini menggunakan prinsip sistem berbasis pengetahuan dalam menganalisis calon debitur secara kuantitatif dan kualitatif pada aspek teknis dan non-teknis. Analisa kuantitatif dengan menggunakan pohon keputusan yang setiap cabang keputusan memiliki bobot resiko tertentu. Analisis aspek kualitatif yang tidak terukur secara langsung ditangani oleh pohon keputusan yang cabang keputusannya memiliki berdasarkan nilai logika.
Dari hasil ujicoba dan perbandingan dengan analisis manual, hasil analisis aplikasi menunjukkan hasil yang lebih spesifik serta disertai saran dan proyeksi kondisi masa depan. Selain itu karena dilakukan oleh komputer, kerja aplikasi lebih cepat dari pada analisis manual.

Kata kunci: Bank Syari’ah, pembiayaan, sistem pakar, XpertRule.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v6i2.a187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.