APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSIS AWAL GANGGUAN KESEHATAN SECARA MANDIRI MENGGUNAKAN VARIABLE-CENTERED INTELLIGENT RULE SYSTEM

Irfan Surbakti, Rahmat Hidayatullah

Abstract


Masyarakat semakin memahami pentingnya makna kesehatan, utamanya jika gangguan kesehatan tersebut terjadi pada dirinya sendiri atau keluarganya. Ketika hal ini terjadi, diinginkan diketahui penyebab gejala yang dialami dan seberapa cepat dapat disembuhkan. Lebih jauh masyarakat juga semakin mandiri, banyak yang telah sadar bahwa pelbagai sakit ringan biasa, seperti pilek atau diare, tidaklah perlu memanggil ahli kesehatan atau menjalani pengobatan yang rumit. Gangguan semacam ini akan sembuh dengan sendirinya – bahkan walau tanpa mendapatkan pengobatan sekalipun. Masalah bagi mereka yang tidak terlatih secara medis adalah bahwa keluhan semacam sakit kepala atau batuk bisa jadi merupakan petunjuk awal adanya sakit yang serius. Dari sini diterbikan buku “Dokter di Rumah Anda” yang menjelaskan diagram atau langkah-langkah yang dapat dilakukan di rumah sehingga dapat diambil langkah lebih lanjut pada gangguan yang dihadapi.
Dalam penelitian ini dimplementasikan sistem pakar untuk diagnosis awal gangguan kesehatan menggunakan Variable-Centered Intelligent Rule System (VCIRS) dari buku diatas.
Dari sistem yang telah diimplementasikan diperoleh kesimpulan bahwa secara umum sistem ini dapat berjalan dengan baik, namun demikian masih ada beberapa kekurangan karena keberhasilan diagnosis awal gangguan kesehatan sangat bergantung dengan keahlian pengguna sistem dalam membangun knowledge base (basis pengetahuan).

Kata Kunci: VCIRS, gangguan kesehatan, diagnosis kesehatan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v6i1.a182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.