VISUALISASI PENJUALAN DAN LOKASI PENJUALAN MENGGUNAKAN GOOGLE MAP SERTA PROYEKSI PERMINTAAN FLEXY DAN MODEM DI MASA MENDATANG (STUDI KASUS: PT. TELKOM INDONESIA)

Rully A Hendrawan, Catra Aldino, Erma Suryani

Abstract


Banyak lokasi penjualan produk Telkom yang tidak dapat teratasi karena banyaknya permintaan tapi kurangnya sales yang melayani konsumen. Aplikasi berbasis web akan dibuatkan dengan meggunakan peta google yang terintegrasi menggunakan basis data yang disesuaikan dengan perusahaan. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan penelitian ini yaitu dengan melakukan visualisasi sales dan letak lokasi penjualan di setiap STO (Sentral Telepon Otomatis) menggunakan Google Map serta melakukan proyeksi permintaan produk guna mengetahui besarnya pangsa pasar di setiap STO. Sebelum memasuki halaman untuk memasukkan data, dibuatkan login admin dan form pengisian data yang diperlukan untuk memudahkan pengisian data tanpa harus mengubah ke dalam basis data Oracle secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah menunjukkan lokasi STO serta Plaza yang dimiliki oleh Telkom dengan cara memunculkan grafik pada gambar peta di Google Map dan melakukan perhitungan proyeksi permintaan produk Telkom di masa mendatang dengan menggunakan metode simple exponential smoothing. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah aplikasi yang sudah terintegrasi dengan baik serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan penjualan yang rendah untuk di wilayah-wilayah tertentu.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v11i1.a13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!
Creative Commons License
JUTI (Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi) by Department of Informatics, ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. JUTI is accordance with CC BY-SA.