PEMBUATAN APLIKASI OLAP UNTUK ANALISIS STUDI KELAYAKAN PROYEK: STUDI KASUS PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Joko Lianto, Ruly Damaratri

Abstract


Untuk memperbaiki kinerja pemerintah, maka kelembagaan negara, instansi pemerintah, entitas ekonomi, dan satuan kerja sektor publik harus dikelola dengan konsep good governance. Mengingat pengeluaran pembangunan memerlukan dana yang lebih besar dari dana yang ada, maka perlu diperhatikan skala prioritas pembangunan serta analisis biaya dan manfaatnya. Karena itu perlu dilakukan evaluasi atas usulan proyek-proyek pembangunan untuk diseleksi dan ditentukan kelayakannya, agar tujuan pembangunan dapat dicapai serta dapat memberikan manfaat yang optimal. Untuk membantu perencanaan pembangunan pemerintah, pada penelitian ini dibuat sebuah aplikasi OLAP. Aplikasi OLAP ini dibuat dengan studi kasus Bappeda Pemda Kabupaten Kediri yang saat ini sedang mengaplikasikan prinsip good governance dan berminat mengembangkan sistem ini.

Aplikasi OLAP yang dibuat direncanakan untuk menjadi analysis tool yang dapat memanipulasi tampilan dalam berbagai sudut pandang data, merubah urutan data, dan melakukan perubahan parameter dengan menggunakan fungsi-fungsi rekapitulasi dalam sebuah aliran data global ke detil atau sebaliknya, akan dapat memberi bantuan kepada user dalam proses analisis menentukan kebijakan dalam menentukan kelayakan proyek-proyek pembangunan terutama ditinjau dari aspek keuangan. Berdasarkan kebutuhan user, dirancang sebuah aplikasi OLAP yang terdiri atas 3 modul yaitu User Management, OLAP Entry, dan OLAP Report. User Management mengatur penggunaan aplikasi oleh user, OLAP Entry menjembatani sistem manual dengan sistem OLAP yang akan dibuat, sedangkan OLAP Report merupakan penerapan dari OLAP yang sesungguhnya sebagai alat bantu analisis.

Dari uji coba aplikasi OLAP ini, diperoleh kemudahan user dalam melakukan analisis dengan adanya fitur OLAP yang mampu memanipulasi tampilan, menambahkan custom field, dan melakukan filtering data. Selain itu, dengan adanya kemampuan menyimpan data, aplikasi dapat menyimpan konfigurasi proses analisis yang telah dilakukan. Dengan adanya penyimpanan konfigurasi ini, analisis serupa dapat dilakukan tanpa harus melakukan redefinisi konfigurasi sekaligus menjadikannya sebuah standar analisis.

Kata kunci : Good Governance, Akuntabilitas, OLAP, Feasibility Study, Analysis Tool.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v2i1.a113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.