RANCANG BANGUN SISTEM REKOMENDASI RESEP MASAKAN BERDASARKAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA PENYARINGAN BERBASIS KONTEN

Yandhy Raka Mulyawan, Caecilia Citra Lestari

Abstract


Banyak ibu rumah tangga yang kebingungan untuk menentukan masakan apa yang akan mereka masak sehingga bahan makanan yang mereka miliki menjadi rusak akibat tidak kunjung dimasak. Sebagian besar ibu rumah tangga mendapatkan ide resep dari website resep karena mudah untuk diakses dan memiliki resep yang cukup lengkap, namun kelemahannya kebanyakan dari website resep tidak memiliki fitur untuk pencarian resep berdasarkan bahan-bahan yang dimiliki. Aplikasi telepon genggam dipilih untuk memecahkan masalah tersebut. Pada penelitian ini penulis akan membuat rancang bangun sistem rekomendasi resep masakan berdasarkan bahan baku dengan menggunakan algoritma penyaringan berbasis konten (CBFA). Algoritma ini merekomendasikan resep yang memiliki kesamaan dengan bahan makanan yang dimasukkan oleh pengguna. Aplikasi dibuat menggunakan file PHP untuk memproses data resep, seperti query data, mengecek data yang sama, menentukan weight serta menghitung dan mengurutkan resep menurut CBFA. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa rekomendasi resep sudah sesuai dengan kekuatan 71%.


Full Text:

PDF

References


G. Zhong, H. Wang dan W. Jiao, “MusicCNNs: A New Benchmark on Content-Based Music Recommendation,” dalam Lecture Notes in Computer Science , Springer, 2018, pp. 394-405.

P. Mathew, B. Kuriakose dan V. Hegde, “Book Recommendation System through Content Based and Collaborative Filtering Method,” dalam International Conference on Data Mining and Advanced Computing, Ernakulam, 2016.

O. Taylor, S. Agnihotri, Y. Okasha, C. Hubbard dan C. Hegde, “Recommending Recipes: A Data Enabled Framework,” dalam Proceedings of the National Conference On Undergraduate Research, Edmond, 2018.

F. Ricci, L. Rokach dan B. Shapira, “Recommender Systems: Introduction and Challenges,” dalam Recommender Systems Handbook, New York, Springer, 2015.

B. Liu, Web Data Mining: Exploring Hyperlinks, Contents, and Usage Data, Chicago: Springer, 2011.

M. J. Pazzani dan D. Billsus, “Content-Based Recommendation Systems,” dalam The Adaptive Web, Berlin, Springer, 2007, pp. 325-341.

T. L. Cheng, U. K. Yusof dan M. N. A. Khalid, “Content-Based Filtering Algorithm for Mobile Recipe Application,” Software Engineering Conference (MySEC), 2014 8th Malaysian, pp. 183-188, 2014.

S. Hamidah dan K. Komariah, Resep & Menu, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

“TheMealDB API,” 2016 . [Online]. Available: https://www.themealdb.com/api.php.

S. E. Harpe, “How to analyze Likert and other rating scale data,” Currents in Pharmacy Teaching and Learning , pp. 836-850, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v17i2.a791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.