PERANGKAT LUNAK UNTUK EKTRAKSI ISI DOKUMEN MULTIFORMAT DENGAN MENGGUNAKAN SMS DAN FAXIMILE

Ahmad Hoirul Basori, Fajar Baskoro, Darlis Heru Murti

Abstract


Dokumen multiformat merupakan salah satu bentuk file yang disimpan dalam komputer  dan  banyak digunakan oleh  masyarakat saat ini.Setiap dokumen mempunyai karakteristik berbeda  dan memerlukan software yang berbeda untuk setiap file dokumen. Sedangkan perkembangan handphone yang semakin pesat membuat masyarakat lebih familiar menggunakan handphone daripada menggunakan komputer.proses pengambilan dokumen dapat terhambat jika user yang memerlukan dokumen multiformat tidak mempunyai keahlian komputer.

Pada pengerjaan penelitian ini, teknologi yang digunakan untuk pengambilan dokumen multiformat adalah teknologi SMS dan mesin Faximile.sedangkan untuk pemodelan sistemnya teknologi yang digunakan adalah Unified Modelling Language dengan Rational Rose Enterprise 2000, serta  database Microsoft Access untuk penyimpanan data SMS. Untuk membangun aplikasi teknologi yang digunakan adalah Microsoft Visual Basic 6.0. Hal ini disebabkan dokumen multiformat pada penelitian ini kebanyakan merupakan produksi Microsoft sehingga antara teknologi yang digunakan dan dokumen multiformat saling mempunyai kesesuaian.  

Uji coba dilakukan dengan cara melakukan pengiriman dokumen multiformat melalui SMS dan mengeluarkan outputnya ke dalam mesin faximile. Uji coba ini mencakup proses pembacaan data SMS, penyimpanan data SMS ke dalam database, pengiriman dokumen ke mesin fax, download page online, serta penambahan hak akses user melalui SMS. Hasil uji coba menunjukkan adanya permasalahan pada pengiriman dokumen multiformat yang berada dalam keadaan terproteksi. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan menghilangkan password yang ada pada dokumen multiformat.

 

Kata Kunci: SMS (Short Message Service), Ektraksi Dokumen, Mesin Fax.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24068535.v4i1.a243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.